Saturday 13 September 2014

0 7 CARA BELAJAR EFEKTIF BAGI ANAK MUDA

Belajar merupakan kunci keberhasilan...

 Belajar adalah memahami,merasakan,mengetahau,mencari,menjelaskan sehingga dengan belajar orang akan mengetahui apa yang belum diketahui.

Belajar pada umumnya dilakukan pada jam sekolah, namun untuk mendapatkan cara belajar yang efektif dibutuhkan waktu yang banyak. Belajar yang sukses tergantung pada cara belajar masing-masing. Stiap orang memiliki cara belajar yang berbeda-beda.



Berikut beberapa tips cara belajar yang baik khususnya buat remaja.

1.Niatkan dalam diri ,berikan motivasi belajar terlebih dahulu.

2.Mulai belajar dengan membaca terlebih dahulu

Setelah membaca buat resume dari buku yang telah dibaca.Membaca sambil menulis meningkatkan kinerja ingatan pada otak.

3.Jika ada yang tidak dimengerti,jangan malu untuk bertanya.Dan jangan malu untuk menjawab pertanyaan dari orang lain.Belajar dari orang lain menambah pengetahuan dalam proses belajar.

4.Hindari dari perbuatan mencontek.



Kerjakan ujian dengan jawaban sendiri.Dengan begitu kita akan lebih tahu,sisi mana yang harus dipelajari.

5.Belajar yang terlalu serius juga tidak baik bagi otak.Beri waktu untuk refresing.bisa juga dilakukan dengan belajar kelompok , belajar kelompok merupakan alternatif dalam memecahkan masalah pelajaran yang kita tidak tahu.

6.Buat perencanaan waktu yang baik.misal ,jika kita belajar di sekolah dari jam 7 hingga jam 3 siang,berikan waktu  2 untuk mengulang pelajaran disekolah.

7.Belajar dengan tekun,berlatih terus materi yang kita tidak bisa pada pelajaran yang ada disekolah.

        Ke 7 tips tadi tidak akan berarti jika tidak ada motivasi dari dalam diri kita sendiri,karena motivasi merupakan modal kita menuju sukses.











0 comments: