Saturday 1 November 2014

0 Produksi kerajinan tanah liat

PRODUKSI KERAJINAN TANAH LIAT


Pembuatan karya kerajinan dapat melatih ketekunan bekerja. Dengan banyak berlatih, kita akan berani bekerja dan unjk hasil kerja, akhirnya akan memiliki sikap mental kreatif dan inofatif. 
Pada kesempatan ini kita akan membahas pada produksi kerajinan tanah liat, karena tanah liat mudah didapat di mana-mana.
Produk kerajinan dari tanah liat biasanya berupa benda keramik, karena benda keramik sangat beraneka ragam, baik bentuk, ukuran, fungsi, hiasan maupun warnanya.

1. Bahan pendukung produksi kerajinan tanah liat.
Bahan yang digunakan untuk untuk pembentukan produksi kerajinan tanah liat harus dipersiapkan dengan baik. Hal ini diperhatikan agar dalam proses selanjutnya tidak mengalami kerusakan. Sebelum melaksanakan pembentukan benda produksi kerajinan tanah liat, perlu penyiapan tanah liat. Penyiapan tanah liat perlu pemilihan melalui pengulian dan pengirisan. Tujuannya agar tanah liat tersebut memenuhi persyaratan pembentukan produksi kerajinan tanah liat.
     
     a. Persyaratan tanah liat
Tanah liat sebagai bahan utama untuk membuat produksi kerajinan tanah liat harus memenuhi persyaratan ketikas proses pembuatan agar tidak kesulitan. Diantaranya:
          1. Plastisitas
               Plastisitas tanah liat merupakan persyaratan utama agar mudah dibentuk. Hal ini terkait                        dengan fungsi plastisitas sebagai pengikat dalam proses pembentukan sehingga tidak mudah                retak.
          2. Homogen
               Campuran masa tanah harus homogen. Artinya plastisitasnya merata dan tidak ada yang                      keras atau lembak.
          3. Bebas dari gelembung udara
              Tanah liat harus bebas dari gelembung udara. Jika di dalam tanah liat masih terdapat                           gelembung udara, hal itu dapat menyebabkan kesulitan pada waktu proses pembuatan dan                   dapat menyebabkan retak atau pecah pada waktu proses pengeringan.
     
     b. Penyiapan tanah liat
Penyiapan tanah liat agar memenuhi persyaratan dilakukan sebelum memulai praktik pembuatan. Dilakukan dengan pengulian dan pengirisan.

2. Alat pendukung produksi kerajinan tanah liat
Jenis dan fungsi peralatan untuk pembentukan produksi kerajinan tanah liat dapat dikelompokan menjadi alat bantu, alat pokok, dan perlengkapan. Peralatan tersebut digunakan untuk membantu proses pembentukan produk kerajinan tanah liat.
     a. Alat bantu
          1. Butsir kawat
              Untuk menghaluskan, merapikan, mengorek. membentuk detail, dan membuat tekstur benda               kerja.
          2. Butsir kayu
              Untuk menghaluskan, membentuk, merapikan, membuat dekorasi, menghaluskan dan                           merapikan benda kerja.
          3. Kawat pemotong
              Untuk memotong ujung bibir, dasar benda kerja, dan memotong tanah liat plastik.
          4. Pisau pemotong
              Untuk memotong, mengiris lempengan tanah liat.
          5. Kuas kecil
              Untuk mengolesi lumpur tanah pada bagian benda yang akan disambung, mengolesi larutan                 pemisah pada model dan cetakan.
 
     b. Alat pokok
          1. Rol kayu
              Untuk membuat lempengan tanah.
          2. Pahat
              Untuk meratakan dan membentuk. Bentuk pisau pahat bervariatif, sesuai fungsi masing-                     masing.
Itulah sekilas info mengenai produksi kerajinan tanah liat, jangan menyerah terus semangat untuk berinovasi dan berkreasi.
          
         

0 comments: