Friday 3 October 2014

0 Cara menanam cabe dengan polybag

Cara menanam cabe dengan polybag


Langkah-langkah:
Sediakan polybag kira-kira berukuran 30 cm, agar media tanam kuat untuk menopang pertumbuhan tanaman cabe. Bisa juga menggunakan pot dari jenis plastik,semen,tanah atau keramik.

Cara menanam cabe dengan polybag bisa dengan media tanam dari campuran tanah, kompos, pupuk kandang, arang, dan lain-lainnya.

Contoh komposisi media tanam diantaranya:
1. Campuran tanah dengan kompos dengan komposisi 2:1.
2. Campuran tanah, pupuk kandang, dan arang sekam dengan komposisi 1:1:1.
3. Campuran tanah dan pupuk kandang dengan komposisi 2:1.

Buatlah media tanam sehalus mungkin dengan cara mengayaknya. Lapisi bagian dalam polybag dengan sabut kelapa atau pecahan genteng. Gunanya agar air tidak menggenangi daerah akar tanaman.

Pemindahan bibit:

Setelah bibit tanaman siap dan media tanam siap, pindahkan bibit cabe dari tempat persemaian ke polybag. Lakukan pekerjaan ini pada saat pagi hari atau sore hari, karena matahari tidak terlalu terik untuk menghindari layu tanaman.
Pemindahan bibit dilakukan dengan hati-hati, jangan sampai terjadi kerusakan pada perakaran tanaman. Buat lubang tanam pada polybag. Apabila persemaian dilakukan diatas polybag atau daun pisang, copot polybg dan daun pisang lalu masukkan  seluruh tanah ke dalam lubang tanam. Apabila persemaian dilakukan di atas petak tanah, pindahkan dengan tanah yang menempel pada perakaran tanaman cabe ke dalam lubang tanam.

Itulah beberapa cara menanam cabe dengan polybag, semoga bermanfaat dan selamat bertanam ria.



0 comments: